micky mouse

micky mouse

Minggu, 28 Maret 2010

Instalasi Software WordPress Pada Komputer Lokal

Cara Install WordPres Pada Komputer Lokal
Pada kesempatan kali ini saya akan menulis langkah demi langkah instalasi WordPress pada komputer offline. Tutorial semacam ini memang sudah banyak ditulis dibeberapa blog terkenal, dan belum lama ini Tutorial Instalasi Wordpress ditulis oleh seorang blogger yang gemar menulis Luna Maya :D, namun saya sengaja menulisnya kembali disini hanya sekedar untuk pengingat-ingat untuk saya pribadi agar apabila suatu hari saya lupa, maka tulisan inilah yang akan dijadikan sebagai referensinya, selain itu juga lumayan untuk tambah-tambah content :D

Baiklah, untuk dapat menjalankan WordPress pada komputer Anda secara offline hanya membutuhkan tiga software, yaitu, Apache, PHP, dan MySQL namun Anda tidak mesti repot repot hanya untuk sekedar mencari ketiga software tersebut karena saat ini sudah banyak software yang didalamnya berisi ketiganya yang dapat Anda download secara gratis dari masing-masing websitenya. Diantaranya ialah, AppServ, XAMPP, EasyPHP, dan PHPTriad, namun disini saya akan memanfaatkan XAMPP 1.70 sebagai servernya karena melihat kemudahan dalam penggunaannya. Adapun langkah-langkahnya dapat Anda ikuti dibawah ini.

Download Dan Install XAMPP 1.7.0, Dan Membuat Database


1. Download XAMPP 1.70 win32 Installer [31.0Mb]
2. Setelah selesai, double click XAMPP 1.7.0 Installer tadi untuk memulai instalasi
3. Next
4. Beri tanda cek pada Install Apache as Service dan Install MySQL as Service
5. Next dan proses instalasi akan berjalan
6. Tekan OK
7. Finish
8. Oke/Yes
9. Selesai

Untuk memastikan apakah server Anda telah berhasil terinstall, Anda dapat membuka browser favorite Anda kemudian ketikkan http://localhost pada bagian address bar lalu tekan go/enter, jika muncul tulisan Welcome to the XAMPP for Windows Version 1.7.0! artinya sever baru Anda telah berjalan dengan semestinya, maka langkah selanjutnya adalah membuat database. Klik link yang bertuliskan phpmyadmin yang ada pada bagian bawah panel (kanan halaman), kemudian pada halaman selanjutnya ketikkan “wordpress” pada kolum yang bertuliskan Create New Database dan tekan tombol Create. Database dengan nama “wordpress” telah berhasil dibuat.

Download Dan Install WordPress 2.7.zip


1. Download WordPress 2.7.zip [1.2Mb]
2. Unzip file WordPress tadi pada hard disk komputer Anda
3. Pindahkan file WordPress yang telah di unzip tadi “berikut foldernya” ke direktori c:\xampp\htdocs sehingga nantinya direktori tersebut menjadi c:\xampp\htdocs\wordpress (pastikan anda menyimpannya pada direktori yang benar)
4. Buka browser favorite Anda dan ketikkan http://localhost/wordpress pada bagian address bar
5. Anda akan dihadapkan pada halaman WordPress yang menyatakan error. Ini karena Anda belum menyeting file wp-config-sample.php, tekan saja tombol Create a Configuration File untuk menyetingnya secara otomatis
6. Tekan tombol Let’s go!
7. Pada halaman selanjutnya isi data seperti berikut dibawah ini:

0. Database Name = biarkan seperti semula (wordpress)
0. User Name = isi dengan “root”
0. Password = kosongkan saja
0. Database Host = biarkan seperti semula (localhost)
0. Table Prefix = biarkan seperti semula (wp_)

8. Tekan tombol Submit
9. Tekan tombol Run the install

10. Isi Blog Title dan Your E-mail dengan nama blog dan alamat email Anda pada kolumnya masing-masing
11. Tekan tombol Install WordPress

12. Anda telah berhasil meng-install WordPress pada komputer Anda. Catat password baru Anda, login, dan gantilah password tersebut melalui link Admin yang terdapat pada bagian atas kanan di control panel.

Setelah Anda berhasil meng-install WordPress pada komputer, Anda dapat menggunakannya layaknya blog WordPress Anda yang di host secara online. Anda dapat mengganti/edit tema, meng-install plugin, posting, berkomentar, dan juga mempelajari seluk-beluk mesin WordPress lainnya terkecuali pada halaman-halaman yang mengharuskan komputer Anda terhubung dengan internet. Misalnya menampilkan/mengakses halaman Other WordPress News, WordPress Development Blog, meng-install plugin Akismet, dll. Selamat ber-eksperimen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar